Cara Mudah Belajar Matematika tentang Persamaan Linear dengan Dua Peubah

school Secara umum, untuk menyelesaikan persamaan linear  dengan dua peubah biasanya digunakan cara grafik, substitusi, dan eleminasi. Penggunaan ketiga cara tersebut tergantung dari tipe soal dan kebiasaan pengerjaan, misalkan ada soal yang penyelesaiannya lebih mudah menggunakan cara substitusi ketimbang cara eleminasi, atau sebaliknya.

Sebagai contoh, tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan-persamaan linear
dibawah ini :
3x + 2y = 6
5x + 2y = 4
Dari persamaan di atas, menurut kamu cara apa yang paling cepat dan mudah. Jika kita
lihat cara eleminasi akan lebih cepat dan mudah digunakan, penyelesaiaannya sebagai berikut :

mencari x ......


3x + 2y = 6
5x + 2y = 4
-2x = 2
x = –1


mencari y ....
3 (-1) + 2y = 6
-3 + 2y = 6

2y = 9
y = 9/2
Hp : {-1, 9/2}


Sekarang bagaimana jika ditemukan soal seperti dibawah ini :
2x + 5y = 12
7x + 4y = 3


Masih menggunakan cara yang sama seperti contoh di atas, penyelesaiaan contoh di atas
adalah sebagai berikut :
mencari x ......
2x + 5y = 12 | x 4 | 8x + 20y     = 48
7x + 4y = 3   | x 5 | 35x + 20y   = 15
                                          -27x  = 33
                                                x  = - 33/27

                                                x = – 11/9

mencari y .....
2x + 5y = 12
2. (-11/9) + 5y = 12
     (-22/9) + 5y = 12 | x 9 |
                   45y = 108 + 22
                   45y = 130
                       y = 130/45
                       y = 26/9

Hp : {-11/9,26/9}


Jika kita perhatikan penyelesaian di atas, lebih panjang dan rumit terlebih akan memakan
waktu. Ada satu tekhnik pengerjaan soal-soal di atas selain 3 cara yang disebutkan di
atas, maskipun bukan cara termudah tapi setidaknya bisa menjadi solusi cepat dari ke-3
cara diatas.
Masih pada contoh persamaan kuadrat yang sama, kita akan selesaikan dengan tekhnik
lain :
2x + 5y = 12
7x + 4y = 3
Pertama cari penyebutnya terlebih dahulu

image

Bisa kita lihat, pertama mencari penyebut dari masing-masing variabel, bila kita
perhatikan, cara untuk mencarinya ialah
      
det   | 2 5 |
         | 7 4 |

atau ((2 x 4) – (7 x 5)) = - 27, lalu
jadikan penyebut dari masing-masing pecahan variabel.
Selanjutnya mencari x :
image

      x = -11/9

Untuk mencari x, anggap konstanta dan variabel x tidak ada, kamu bisa tutup dengan
menggunakan pencil, kemudian kali silang ruas kanan ke ruas kiri dan ambil hasil kali
tersebut, dalam contoh ((12 x 4) – (3 x 5)) hasilnya adalah 33 dan masukkan ke
pembilang pecahan x.
Untuk mencari y digunakan cara :

image

y =26/9


Untuk mencari y, anggap konstanta dan variabel y tidak ada, kamu bisa tutup dengan
menggunakan pencil, kemudian kali silang ruas kiri ke ruas kanan (kebalikan dari cara
mencari x) dan ambil hasil kali tersebut, dalam contoh ((2 x 3) – (7 x 12)) hasilnya adalah
-78 dan masukkan ke pembilang pecahan y.
Maka hasil akhir : Hp : {-11/9 ,26/9}


Coba selesaikan persamaan linear dibawah ini :
2x + y = 1
x + 5y = 3
maka :
x =2/9
y =5/9
Hp : {2/9,5/9}

Postingan ini sebagai syarat dalam mengikuti sebuah kompetisi blog antar sekolah di Aceh042

Source : http://www.Belajar-Gratis.com




Artikel Terkait:


Comments :

8 komentar to “Cara Mudah Belajar Matematika tentang Persamaan Linear dengan Dua Peubah”
manusiahero mengatakan...
on 

hee.. no komen deh lo soal MTK.. :D

Panca mengatakan...
on 

buka aja t4 kursus,

Riz@l mengatakan...
on 

pusingggggggggggggg gw kalau matematika...

processor mengatakan...
on 

good article...

caBee mengatakan...
on 

keren dah, tapinya buat eke masi pusing nih hehe ga ngerti ngerti ,,, makasi share nya ya , , , keren

ihsan mengatakan...
on 

@manusia hero : heheehe..

@Panca : saya kurang bisa juga gan, blom bisa buka t4 kursus..:)

@Riz@l : hahahahhahaha.:)
klo dah belajar dan ngerti pasti gak pusing lagi kok..:)

@Processor : thanks..:)

@caBee : sama2..

Saras mengatakan...
on 

sebenarnya kalau mtk ni kalau mengerti sich mungkin mudah.. cma,, trkdg kita malas untuk melakukan berbagai latihan2... dan terkadang juga dari faktor gurunya,, bisa aja gurunya kurang tau cara menumbuhkan semangat belajar siswanya....jujur y kalau aku sich sangat lemah mtk.. cma aku terkadang ada juga belajar kelompok dengan tmn2 sekelas.. jd,, bljr mtk nya jd agak mudah juga...... dan terkadang ada juga faktor dari guru yang kurang fer gtu sama murid nya.. bsa jadi gurunya lebih menyukai anak siswanya yang lebih pandai dalam bidang mtk......jd gmn muridnya makin senang dengan pelajaran mtk.. yang ada malahan siswanya tu jd lebih malas belajar mtk..............akan tetapi, mdh2n dng pergi ke wrnt untuk belajar mtk bs lbh membuat kta senang dengan mtk........

good luck..........

Ir. Stevi Eunike G mengatakan...
on 

ada artikel tentang soal cerita mnggunakan persamaan linear 1&2 variabel ngga? trims ya min :D

Poskan Komentar

Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang info yang ingin ditambahkan bisa langsung ditambahkan pada kotak komentar di bawah ini :