20 Tips Mempermudah pencarian di Google search engine

google search Google mempunyai beberapa rahasia yang bisa anda gunakan untuk mempermudah anda dalam penelusuran untuk mencari sesuatu di internet. seperti file mp3, doc, pdf, dan banyak kegunaan lainnya.  Tanpa panjang lebar lagi, saya langsung membagikan tips untuk mencari di google sebagai mesin pencari atau search engine no 1 di dunia saat ini. berikut 20 tips untuk penulusuran mencari sesuatu di internet melalui google search engine :

Tips 1. Untuk mencari website atau weblog yang mengandung dua atau lebih kata tertentu.

Misal anda ketikkan tutorial java pada google maka search engine tersebut akan menampilkan website atau blog yang mengandung 2 unsur kata tersebut yaitu kata tutorial dan java.

Tips 2. Untuk mencari website atau weblog yang mengandung frase tertentu secara pasti.

Misal anda ketikkan "tutorial java" dengan tanda apit  di frase tersebut pada google maka search engine akan menampilkan website atau blog yang mengandung frase kata tutorial java dengan dua kata tersebut tidak terpisah tetap menjadi satu frase tutorial java.

Tips 3. Untuk mencari website atau weblog yang mengandung dua kata, menimal salah satu unsurnya terpenuhi.

Misal anda ketikkan php or mysql dengan menambahkan or diantara dua kata tersebut pada google maka search engine akan menampilkan website atau blog yang memiliki minimal salah satu unsur dari kata tersebut yaitu php atau mysql.

Tips 4. Untuk mencari website atau weblog tertentu dengan menggunakan frase tertentu dimana satu kata sebagai filter untuk tidak menampilkan website atau weblog dalam penelusuran google yang mengandung kata tersebut.

Misal anda ketikkan pulsa -mkios dengan menambahkan tanda pada kata yang terakhir tersebut pada google, maka search engine akan menampilkan website atau blog yang mengandung kata pulsa namun yang mengandung unsur kata mkios tidak akan ditampilkan atau di eliminasi dalam penelusuran google .

Tips 5. Untuk mencari halaman/pages yang ada pada website atau weblog tertentu.

Formatnya site:domain misalnya anda ketikkan site:ihsans.blogspot.com pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang ada pada ihsans.blogspot.com

Tips 6. Untuk mencari halaman/pages yang mengandung kata atau frase hanya pada satu website atau weblog tertentu saja.

Formatnya site:domain<spasi>keyword misalnya anda ketikkan site:ihsans.blogspot.com tips google pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mengandung kata tips google hanya pada site:ihsans.blogspot.com bukan pada situs lainnya.

Tips 7. Untuk menampilkan halaman website atau weblog dengan judul tertentu saja

Formatnya intitle:<kata kunci> misalnya anda ketikkan intitle:Cara Mengunci Folder Tanpa Software maka search engine akan menampilkan judul yang mengandung unsur kata Cara Mengunci Folder Tanpa Software.

Tips 8. Untuk mencari website atau weblog lainnya yang isinya mempunyai kesamaan juga

Formatnya related:domain misalnya anda ketikkan related:ihsans.blogspot.com pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai kesamaan dengan ihsans.blogspot.com .

Tips 9. Untuk mencari halaman dari website atau weblog yang diperhitungkan sebagai backlink google.

Formatnya link:domain misalnya anda ketikkan link:ihsans.blogspot.com pada google tanpa menggunakan http:// maka search engine akan menampilkan halaman yang mempunyai tautan atau link dengan ihsans.blogspot.com serta diperhitungkan sebagai backlink google. Metode ini bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink google yang kita punyai dengan melihat pada hasil penelusurannya pada bagian sebelah kanan atas.

Tips 10. Untuk mengetahui arti definisi dari sebuah kata atau frase tertentu

Formatnya define:frase misalnya anda ketikkan define:seo pada google maka search engine akan menampilkan arti dari kata serp

Tips 11. Untuk mencari e-book yang berformat pdf

Formatnya filetype:pdf <spasi> namanya misalnya anda ketikkan filetype:pdf rahasia sulap dan hipnotis pada google maka search engine akan menampilkan dokumen berformat pdf yang mengandung unsur kata rahasia sulap dan hipnotis. Setelah itu anda bisa memilihnya untuk langsung mendownloadnya.

Tips 12. Untuk mencari lagu yang berformat mp3

Formatnya intitle:index of? mp3 <artis><album> misalnya anda ketikkan intitle:index of?mp3 peterpan bintang di surga pada google maka search engine akan menampilkan beberapa situs dimana anda bisa mendownload lagu dari peterpan dengan album bintang di surga.

Tips 13. Untuk mencari foto atau gambar yang berformat jpeg

Ada dua cara yang bisa anda gunakan, yaitu:

1. Formatnya filetype:jpeg misalnya anda ketikkan filetype:jpeg pada google maka search engine akan menampilkan situs yang bisa diambil foto atau gambarnya. Namun, mungkin cara yang kedua dibawah ini mungkin lebih baik karena google memang sudah menyediakan khusus untuk penulusuran image .

2. Langsung buka browser anda baik Mozilla, Internet Explorer, Opera atau browser lainnya dan masukkan alamat berikut www.images.google.com kemudian masukkan kata kunci yang anda inginkan, misalnya nokia 6275i lalu klik searchimages, maka google akan menampilkan beberapa foto atau gambar secara visual yang berkaitan dengan nokia 6275i dan anda bisa memilih salah satunya untuk anda download.

Tips 14. Untuk mencari video yang berformat mp4 atau 3gp

Formatnya filetype:mp4 <spasi> nama_artis/judul_videonya atau filetype:3gp <spasi> nama_artis/judul_videonya misalnya anda ketikkan filetype:mp4 alter bridge atau filetype:3gp panic at the disco pada google maka search engine akan menampilkan situs dimana kita bisa mendownload video alter bridge berformat mp4 atau panic at the disco yang berformat 3gp

Tips 15. Untuk mencari crack sebuah program

Formatnya crack:nama_aplikasi misalnya anda ketikkan crack:winzip pada google maka search engine akan menampilkan situs yang menyediakan crack untuk program aplikasi winzip tersebut.

Tips 16. Untuk mengetahui waktu di suatu negara

Formatnya time in nama negara misalnya kamu ketikkan time in paris atau bisa juga ketikkan time in London untuk mengetahui waktu di Paris - Perancis atau di London - Inggris

Tips 17. Untuk mengkonversi mata uang

Formatnya currency 1 <uang yang dikonversi> in <uang hasil konversi>

Misalnya ketik

currency 1 usd in gbp (artinya konversi US$ 1 ke mata uang Inggris/British Pound)

atau ketik

currency 1 usd in yen (artinya konversi US$ 1 ke mata uang jepang)

Tips 18. Untuk mengetahui kondisi cuaca di suatu kota

Formatnya weather nama kota misalnya ketik weather paris atau weather jakarta.

Tips 19. Untuk melakukan perhitungan matematika

Adapun untuk operasi perhitungannya * untuk perkalian, / untuk pembagian, ^ untuk pangkat, % of untuk persentase dari, + dan – pasti anda sudah tahu, Misalnya anda masukkan 3+3*2 pada google maka menampilkan hasil 9, atau jika anda memasukkan 25 % of 40 maka hasilnya 10

Tips 20. Untuk mengkonversi satuan, misalnya meter ke yard atau inchi

Misalnya anda masukkan  1 meter in inch maka akan di google akan menampilkan 1 meter = 39.3700787 inch atau yang lain misalnya 1 barrel in liter maka akan menampilkan 1 US beer barrel = 117.347765 liter atau yang lain misalnya 1 oil barrel in liter maka akan menampilkan 1 oil barrel = 158.987295 liter


Artikel Terkait:


Comments :

7 komentar to “20 Tips Mempermudah pencarian di Google search engine”
Irsan Mahendra mengatakan...
on 

ni gw Ie_Chan

mantap postingan nya sob

Muhammad Chandra mengatakan...
on 

OK Bro . . akan saya CO-PAS dan Mencobanya. .

Hery Prasetyo mengatakan...
on 

thank u infonya sob..

tambahan dikit.. contoh kalo mw nyari mp3 tapi langsung ke link downloadnya tanpa lewat depan situsnya :

?intitle:index.of? mp3 "judul lagu"

cari link yang awalnya index of

lovablebeauty mengatakan...
on 

gitu y caranya, okeh deh ntar dicoba

Unknown mengatakan...
on 

thak bro, google emang mesin pencari yang nomor 1

Lora Malunk Blog mengatakan...
on 

Info yang sangat menarik sekali.....masih banyak menuju jalan pintas ke GOOGLE

Unknown mengatakan...
on 

gan. ijin copas ya. :)
maaf ya ane blom minta persetujuan agan tpi dah di posting di blog ane.
soalnya lagi terburu-buru ngerjain tugas. :)

Posting Komentar

Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang info yang ingin ditambahkan bisa langsung ditambahkan pada kotak komentar di bawah ini :