Cara Shutdown Otomatis (seperti fungsi Sleep) pada windows XP

 

Arreter

Mungkin anda sering ketiduran ketika sedang menonton acara TV kesayangan anda di rumah. Jikalau kebiasaan ini sering terjadi dan anda tidak mempergunakan fungsi Sleep pada TV anda. maka tagihan listrik pasti akan membengkak. untuk mengantisipasinya cukup mudah karena setiap TV sekarang pada umumnya sudah memiliki fasilitas sleep.

akan tetapi bagaimana kalau anda tertidur bukan di depan TV kesayangan anda. tapi, anda tertidur ketika anda sedang mendengar MP3, menonton DVD,atau mungkin sedang mendownload file dengan menggunakan komputer anda. bisakah kita menggunakan fasilitas sleep seperti yang ada pada TV kita? Jawabannya adalah bisa. Banyak program-program di berbagai situs menyediakan program untuk shutdown otomatis.jikalau tanpa program-program tersebut, bisakah kita menjalankan shutdown otomatis di komputer kita?jawabannya juga bisa.

pada dasarnya windows XP sudah menyediakan fasilitas ini secara cuma-cuma tanpa perlu menginstall program-program tersebut.caranya adalah sebagai berikut :

1. klik start menu dan pilih menu run atau tekan tombol yang berlogo windows di keyboard anda dan tekan R atau pilih menu Run   (bisa juga menggunakan command promt /cmd) 

2. ketik Shutdown -s -f -t 260

-s = shutdown untuk perintah shutdown komputer

-f = force Shutdown untuk memaksa shutdown walaupun masih ada aplikasi yang terbuka

-t 260 = time untuk menentukan waktu mati komputer dalam hitungan mundur (contoh ini dalam 260 second/detik) shutdown otomatis

masih banyak parameter lain yang disediakan oleh windows XP, untuk mengetahui parameter lain anda tinggal mengetik

shutdown /? pada menu Run atau Command Prompt

oh ya, untuk membatalkan proses shutdown ketik shutdown -a

mudah bukan?selamat mencobaBig Hug


Artikel Terkait:


Comments :

3 komentar to “Cara Shutdown Otomatis (seperti fungsi Sleep) pada windows XP”
ataherster mengatakan...
on 

mantap

iklanfresh mengatakan...
on 

infonya mantaffff. thx

Ihsan mengatakan...
on 

@iklanfresh : sama-sama,,,cuma bagi-bagi pengetahuan...:)

Posting Komentar

Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang info yang ingin ditambahkan bisa langsung ditambahkan pada kotak komentar di bawah ini :